Cara Menginstal Tools Linux di Android Tanpa Termux (TANPA ROOT)

4 Likes comments off
Operating system linux memang tidak banyak penggunanya dibandingkan operating system windows dari microsoft. Padahal sebenarnya ada banyak kelebihan dari linux. Misalnya saja penggunaan system yang bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan, dengan cara memilih distribusi linux sesuai yang anda inginkan.

Ada banyak sekali distribusi dari linux, misalnya debian,ubuntu,kalilinux,archlinux,linuxmint,parrot os dan masih banyak lagi. Semua distribusi linux ini bisa anda dapatkan dan anda gunakan secara gratis dan opensource ,bisa dikatakan anda bebas menyesuaikan sistem nya mau di apakan sesuai apa yang anda  mau.

Kenapa penggunaan linux masih jarang ?

Linux kebanyakan semua paket tools yang ada di operasikan menggunakan perintah terminal. Hal ini yang membedakan nya dengan windows dari segi interface nya. Belajar menggunakan linux sama saja belajar tentang bahasa pemograman.

Apakah linux hanya bisa di operasikan di komputer ?

Tentu saja tidak, kalau anda pegang ponsel android ya ponsel anda sudah sebagian dari linux  , yang artinya perintah – perintah linux pun bisa anda pelajari dengan menggunakan android.
Salah satu cara yang sudah saya share mengenai linux ada pada artikel tentang cara menginstal ubuntu di android , dan cara menginstal kali linux di android dengan termux.
Kalau menginstal repositori linux di android dengan termux sepertinya sudah banyak yang share di berbagai website dan chanel youtube. Namun kali ini saya akan share tentang Cara Menginstal Tools Linux di Android Tanpa Termux (TANPA ROOT). Kita akan menggunakan aplikasi userland dan connet bot yang bisa anda unduh gratis di playstore.
Untuk percobaanya saya akan mencoba menginstal repositori tools arch linux di android dengan menggunakan userland dan connect bot.

Cara Menginstal Tools Linux di Android Tanpa Termux (TANPA ROOT)

Pertama setelah unduh userland kita buka aplikasinya dan akan tampil seperti di bawah ini  !
Dan seperti terlihat diatas ada beberpa distribusi linux yang bisa anda ambil , sebagai contoh saya akan mengambil tools repositori dari distribusi archlinux.
Setelah kita klik archlinux maka akan tampil seperti gambar dibawah !
username dan pasword adalah id dan sandi anda untuk masuk ke koneksi connetbot nantinya. Isi semua dan klik continue.
Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini !

Sekarang kita pilih ssh karena nantinya kita akan menjalankan tools arch linux lewat aplikasi connetbot. Klik saja continue dan akan tampil ukuran file dari tools arch linux.

Gunakan wifi ataupun data seluler yang stabil agar proses download tidak terputus.
Tunggu proses download sampai selesai dan jangan sampi aplikasi userland force close.
Setelah selesai mengunduh klik saja linux yang anda pilih tadi dan akan diarahkan ke connect bot lalu masukkan username dan pasword nya. 
Berikut tampilan perintah linux fi connect bot, silahkan anda update dulu paket paket repositorinya.
Sekian dan semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar linux dan belum mempunyai PC.

You might like

About the Author: mrmixo

Terinspirasi untuk menjadi detektif, menelusuri betapa rumitnya dirimu